Siaran Pers "Aksi Penggalangan Dana Oleh PMII UIN Malang"

Kemarin tepatnya pada hari senin Tanggal 1November 2010 terjadi aksi yang di lakukan oleh Pergerakan Mahasisiwa Islam Indonesia (PMII) UIN Malang. Aksi tersebut tidak seperti biasanya yang dilakuakan ditengah kota atau di depan gedung anggota dewan kota malang. Aksi kali ini di laksanakan di depan kampus UIN Malang.

Aksi yang di mulai jam Sembilan pagi ini adalah aksi yang di gagas oleh PMII UIN Malang yang bertujuan aksi solidaritas dan penggalangan dana akibat tsunami yang terjadi di mentawai Sumatera Barat, Banjir Bandang di wasior Papua dan akibat letusan merapi yang terjadi di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Aksi penggelangan dana ini dilakukan oleh para kader PMII yang terdiri dari berbagai Fakultas di UIN Malang. Aksi ini dimulai di depan klinik yang berada diselatan kampus UIN Malang. Tidak terpaut lama para mahasiswa di lingkungan kampus UIN Malangpun langsung dengan suka rela menyumbangkan dana untuk para korban.

Selanjutnya, para penggalang dana pun langsung merengsek di depan kampus yang tepatnya dijalan Gajayana Kota Malang. Para kader PMII inipun langsung berorasi di tengah jalan untuk mengetuk hati nurani pengguna jalan raya. Para pengguna jalanpun sangat berpartisipasi dengan menyumbangkan sedikit dananya ke para penggalang dana.

Sekitar jam 12 siangpun aksi penggalangan dana yang di kordinatori oleh Sahabat Shandhy Yudha ini di akhiri. Sandhy, langsung mengumpulkan kerdus yang di buat panggalangan dana. Uang yang diperoleh langsung dijadikan satu dan selanjutnya dilanjutkan dengan kordinasi lanjutan.

Dari hasil kordinasi, disepakati bahwa penggalangan dana akan dilanjutkan nanti sore jam 3 sore pada waktu kuliah intensif bahasa arab. Uang yang diperoleh pun lumayan banyak sekitar satu setengah juta. Uang yang di perolehpun tidak langsung di hitung karena akan melaksakan aksi lanjutan pada sore nanti tersebut. Rencananya semua uang yang diperoleh akan dihitung pada malam harinya dan akan di publikasikan kepada khalayak umum di lingkungan kampus UIN Malang.

Aksi penggalangan dana tersebut sangatlah penting untuk meningkatkan kepekaan sosial terutama kepada mahasiswa yang menyandang agent of sosial change. Hal ini juga disebutkan oleh Eriq “kami melakukan hal ini karena kami peka terhadap situasi sosial kita, terutama yang terjadi pada bangsa ini” ucap mahasiswa berambut panjang ini.

Selain itu, penggalangan dana tersebut seharusnya menjadi ketukan nurani kepada para pemerintah. Mahasiswapun yang hanya bermodal nekad saja bisa melakukan gerakan sosial, tentunya para pemerintah daerah maupun nasional baik eksekutif maupun yang legeslatif harus lebih massif lagi dalam membantu para korban.

Tidak hanya itu, tujuan penggalangan dana ini adalah sebagai pembuktian bahwa eksistensi gerakan mahasiswa yang belum mati. Selama ini mahasiswa cendrung enggan jika harus turun kejalan melakukan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Mahasiswa lebih senang melakuakan kuliah dan pulang dari pada melakukan aktivisme yang bersifat pembelaan terhadap rakyat. Dengan aksi ini, semoga menjadi awal untuk membuka nurani mahasiswa yang lain dan tentunya kepada pemerintah dalam melakukan pertolongan terhadap parakorban bencana di negeri ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlawanan Kampung Tempe Sanan Terhadap Kue Artis Teuku Wisnu, Krisdayanti, dan Kawan-Kawan

Mondok dan Islam Internet ala Jonru

Pelajaran Salat Taraweh untuk Menteri Muhadjir Effendy