Dekatkan Dengan Masyarakat, PMII UIN Malang Melakukan Sahur On The Road

Hal berbeda di lakukan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dalam menyambut ramadhan, pada hari sabtu (20/8) dini hari PMII UIN Malang melakukan Sahur on The road atau sahur bersama dengan para anak jalanan. Berkerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Griya Baca, PMII membagikan sekitar seratus lima puluh bungkus plastik yang di dalamnya ada uang tunai, baju bekas dan makanan untuk sahur.
Warga Pergerakan yang terlibat membagikan sahur ini sekitar lima puluh orang, mereka melakukan kunjungan kepada griya baca selaku LSM yang menagani anak jalanan. Di tempat ini sekitar enam puluh anak jalanan berkumpul dan menunggu sahur bareng yang di sediakan oleh PMII. Sekitar Jam dua malam warga PMII UIN Malang ini bergegas menuju alun-alun kota malang untuk membagikan makanan yang tersisa. Dan pembagianpun berakhir sekitar pukul setengah tiga di alun-alun kota malang.
Nurul Mubarok selaku Ketua Komisariat PMII UIN Malang menyatakan bahwa sahur on the road ini sebagai media untuk mendekatkan PMII dengan masyarakat dan melakukan gerakan konkrit. “dua poin yang melatar belakangi adanya sahur on the road yaitu yang pertama adalah untuk mendekatkan mahasiswa pergerakan dan masyarakat sekitar, yang kedua adalah lebih konkrit bahwa mahasiswa itu pejuang masyrakat rakyat kecil” ungkapnya ketika di hubungi di sela-sela acara.
Selanjutnya inspirasi adanya sahur on the road ini sangatlah menarik, adalah banyak realita ketika anak jalanan di tanya kenapa tidak puasa, jawaban kebanyakan karena mereka tidak sahur. Hal inilah yang kemudian membuat masyarakat pergerakan tergugah untuk melakukan sahur on the road. “kita memberi sahur di malam harinya dan mudah-mudahan berpuasa di siang harinya” ungkanya.
Tidak hanya itu, Nurul Mubarok berharap acara ini berdampak internal bagi PMII. “Semoga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia menjadi pelopor di lingkungan masyarakat” ungkapnya ketika di tanya harapan dari acara ini.
Selain itu, PMII yang organisasi non profit banyak hal yang harus di lakukan dalam mendapatkan dana untuk sahur bareng ini. Diantaranya dengan meminta sumbangan kepada mahasiswa baru dengan masuk ke kelas-kelas kuliah PKPBA dan juga adanya dukungan dengan IKAPMII. “saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa PKPBA yang telah meluangkan dananya” Ungkap mahasiswa semester akhir ini.
Selain memberi sahur dalam rangka memperingati bulan ramadhan, PMII sekaligus memperingati hari kemerdekaan republik indonesia. Hal ini dengan di adakannya penyebaran seribu bendera indonesia kepada anak jalanan. “kita juga membagikan seribu bendera kepada anak jalanan yang di akomodir oleh griya baca” ungkap Risandy Yudha selaku Wakil Ketua bidang dua.
Acara inipun di akhiri dengan do’a bersama di alun-alun dengan harapan acara ini bisa bermanfaat dan barokah, selanjutnya pada waktu perjalanan pulang sekitar tiga puluh sepeda motor warga pergerakan ini melakukan konvoi untuk membangunkan masyarakat sekitar kota malang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlawanan Kampung Tempe Sanan Terhadap Kue Artis Teuku Wisnu, Krisdayanti, dan Kawan-Kawan

Mondok dan Islam Internet ala Jonru

Pelajaran Salat Taraweh untuk Menteri Muhadjir Effendy