Presiden Favorit

Andai Presiden bisa diemban oleh banyak orang, saya kira akan sangat seru. Presiden bisa seperti sepak bola, yang formasi idealnya bisa kita tentukan sendiri. Siapa yang menjadi pemain belakang, tengah, dan depan. Setiap tahun, sejumlah tabloid olahraga menurunkan formasi ideal, pemain yang dipilih adalah pemain jempolan dari tim-tim besar.
Jika itu terjadi dalam presiden, kita tidak perlu riuh dengan pemilihan presiden. Tinggal diatur saja, semua orang yang berhasrat jadi presiden tinggal ditentukan orang itu jadi presiden bagian A, lalu ada bagian B, C, dan seterusnya.
Tapi itu hanya khayalan. Tidak mungkin presiden kita lebih dari satu, ini karena bisa membuat negara seperti tanpa nahkoda karena terlalu banyak orang yang berkuasa. Karena hal inilah, sejak 1945 silam, kita baru memiliki tujuh Presiden.
Foto Dibawah ini adalah tujuh orang itu. Kita semua mungkin punya presiden Favorit. Dan terkadang, Presiden Favorit itu terpaksa harus dijatuhkan kepada orang yang kita tidak merasakan bagaimana ketika dia memimpin. Kita hanya tahu kiprahnya dari buku, koran, majalah atau mungkin Internet.
Dan saya termasuk orang yang demikian, saya menjatuhkan Soekarno sebagai salah satu presiden favorit meski ketika dia memimpin saya belum lahir. Kedua adalah Gus Dur, dan ketiga masih belum ada karena sampai sekarang Jokowi belum ‘layak’ kita favoritkan.
sumber foto: www.twitter.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlawanan Kampung Tempe Sanan Terhadap Kue Artis Teuku Wisnu, Krisdayanti, dan Kawan-Kawan

Mondok dan Islam Internet ala Jonru

Pelajaran Salat Taraweh untuk Menteri Muhadjir Effendy